Berita Motor tentang Cara Memilih Ban Motor yang Tahan Lama

Ban motor adalah salah satu komponen yang perlu diperhatikan agar penggunaannya awet dan tahan lama. Anda tentu jengkel apabila harus terus menerus ganti ban dalam jangka waktu yang pendek dan tentunya membuat oengeluaran Anda semakin bertambah.

Nah, untuk menghindari hal tersebut Anda kiranya perlu mengetahui berita motor mengenai cara memilih ban yang tahan lama dalam ulasan berikut ini:

Pilih Ban dengan Permukaan Telapak yang Sedang

Ketika Anda melakukan oenggantian ban baru, ada baiknya untuk memilih ban yang memiliki permukaan telapak berukuran sedang. Hal ini karena ban dengan permukaan telapak sedang tidak akan menyedot tenaga mesin secara berlebihan, serta menjadikan motor lebih lincah untuk melakukan manuever. Ingat pilih yang sedang ya, bukan ban dengan permukaan kecil seperti yang sering digunakan anak muda.

Pilih Motif atau Ukiran Ban yang Sesuai dengan Motor Anda

Motif ukiran yang ada pada ban ternyata mempengaruhi kinerja ban saat melintasi berbagai jenis jalanan, baik jalanan yang basah maupun kering. Oleh karena itu, alagkah lebih baiknya Anda memilih ban dengan motif ukiran yang searah. Seperti ban pabrikan bawaan asli motor, motfnya searah yaitu miring dan menyamping dengan sudut sekitar 45 derajat dari depan ke belakang. Ban dengan motif tersebut akan membantu permukaan ban mencengkram permukaan jalan, sehingga motor akan tetap stabil dan pengendara tak akan hilang kendali saat berkendara di jalanan yang basah, kering atau licin.

Pilih Jenis Ban Kering/Basah Sesuai Iklim

Berita motor mengenai pemilihan ban motor selanjutnya berkaitan dengan jenis ban. Melihat iklim di Indonesia yang cenderung tropis dengan perbandingan musim kering dan hujan yang seimbang, maka disarankan untuk menggunakan jenis ban basah. Ban jenis basah ini memiliki data cengkram yang stabil dan tinggi baik ketika jalan basah atau tergenang karena hujan. Selain itu, ban jenis basah juga memiliki grip yang tinggi sehingga cocok digunakan di jalanan yang kering.

Sesuaikan Ukuran Ban dengan Velg

Hal lain yang penting diperhatikan ketika memilih ban motor adalah jangan pernah menghunakan ban yang tidak sesuai denganukuran velg motor Anda. Biasanya produsen sepeda motor masih memberikan toleransi ukuran ban atau velg, apabila Anda ingin memodifikasi motor. Jika memang Anda menginginkan ban atau velg yang berukuran besar, sebaiknya ukuran velg dan bannya jangan sampai melebihi 2 inci dari ukuran ban dan velg asli dari prabikan motor Anda ya.

Perhatikan Reputasi dan Kualitas Merek Ban

Semua produsen ban pasti akan mengklaim mereknya adalah yang paking terbaik dari semua produk ban yang ada. Namun, perlu diingat bahwa tak semua klaim merke itu terbukti. Untuk itu, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apakah merek ban yang Anda pilih ini memang benar-benar berkualitas. Pilihlah merek yang sudah teruji dengan layak baik secara nasional maupun internasional, agar ban yang dipilih berkualitas dan tent utahan lama.

Demikian beberapa pembasan singkat mengenai cara memilih ban motor agar tahan lama dan awet. Masih belum cukup informasi? Cari tahu berita motor lainnya di Moladin, situs motor terlengkap bagi Anda para pecinta motor, semoga bermanfaat!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>